Sabtu, 13 Juni 2009

Pulau yang Bukan Pulau

Ini adalah tempat tugasku yang kedua sebagai guru. Setelah sebelumya selama 7 tahun bertugas di Mantuyan (lebih kurang 15 km) dari ibukota Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.
Sekolah Dasar Negeri Pulau Tambak terletak di desa Pulau Tambak Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Melihat dari namanya, orang menyangka sekolah ini berada di sebuah pulau. Padahal pada kenyataannya tidak demikian. Pulau Tambak adalah sebuah desa di kabupaten Hulu Sungai Utara yang sebagian besar wilayahnya berupa rawa sehingga sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan.
Meski letak sekolah ini paling ujung kecamatan Amuntai Selatan yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Sungai Tabukan (Kecamatan baru di HSU),tapi jumlah siswa di sekolah ini terbesar dibandingkan sd-sd lain dalam satu gugus. Pemerintah pun juga mencukupi tenaga pendidik yang diperlukan.Hal ini dapat dilihat dari jumlah guru yang ada. Satu orang kepala Sekolah, 9 orang guru umum, 2 orang guru agama dan 1 orang guru olah-raga, ditambah dengan 3 orang guru honorer.(data tahun 2009 bulan Juni)
Dengan jumlah guru yang memadai tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan di SD Pulau Tambak yang bukan pulau ini. Semoga.

2 komentar:

  1. Di kira tadi sebuah pulau khusus tuk Mendidik anak-anak tuk menjadi generasi yang tangguh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekolah kami ini Pa ai ibaratnya daerah paling ujung. jadi menjaga perbatasan amuntai selatan.

      Hapus