Senin, 13 Mei 2013

Pidato Perpisahan Kelas VI Sekolah Dasar

Tak terasa tahun ajaran 2012/2013 hampir berakhir. Tak lama lagi  sekolah-sekolah akan melaksanakan acara perpisahan. Salah satu rangkaian acaranya adalah Pidato perpisahan, baik dari siswa yang meninggalkan maupun dari siswa yang ditinggalkan. 

Untuk Kamu-kamu yang mendapat tugas untuk menyampaikan pidato perpisahan, kali ini saya akan berbagi  contoh pidato perpisahan siswa yang akan meninggalkan. (khusus Sekolah Dasar). Langsung disimak ya.


'Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin. Wasshalaatu wassalaamu ‘alaa asyrafil anbiyaa iwal mursaliin wa ‘alaa aalihii washahbihii ajma’iin ‘ammaa ba’du.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan anugerah Iman, Islam dan kesehatan kepada kita, sehingga kita semua dapat berhadir dalam acara kenaikan kelas sekaligus perpisahan  kelas enam yang akan meninggalkan sekolah ini. Teriring shalawat dan salam marilah kita persembahkan  kepada seorang manusia yang sempurna, yang  telah membawa ummat ini menuju cahaya hidayah. Yakni junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat serta pengikut beliau hingga hari kiamat.
Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada pembawa acara yang telah memberi waktu kepada saya untuk menyampaikan kata perpisahan atas nama siswa yang meninggalkan.
Yang saya hormati dan saya muliakan, Kepala Sekolah beserta dewan guru. Yang saya hormati Bapak dan Ibu wali murid. Yang saya hormati para undangan serta adik-adik dan teman-teman semua yang saya sayangi.
Tiada terasa, hari berganti, minggu berlalu, bulan berjalan dan tahun pun mengantarkan  kita pada satu kata “perpisahan”. Satu kata yang dapat membuat kita bersedih, terharu, bahkan menangis.
Hari ini ada rasa duka yang mendalam di hati kami. karena tidak lama lagi, kami akan meninggalkan sekolah yang telah menjadikan kami dari tidak tahu menjadi mengerti, meninggalkan bapak dan ibu guru yang selalu sabar membimbing dan mencurahkan ilmunya kepada kami, meninggalkan adik-adik kami semua. Meninggalkan masa-masa yang penuh suka,duka,canda,tawa,sedih dan bahagia.
Kami sadar selama kebersamaan kita di sekolah ini banyak tingkah laku kami yang tidak berkenan di hati bapak/ibu guru serta adik-adik semua. Tingkah laku yang mungkin menyakiti, menyinggung, membuat marah dan sedih guru dan adik-adik kami. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini izinkanlah kami memohon maaf yang sebesar-besarya atas semua kesalahan yang telah kami lakukan selama ini.
Tak lupa pula kami sampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya atas segala pengabdian, bimbingan,nasihat, dan ilmu yang telah bapak dan ibu guru berikan kepada kami selama ini. Tanpa kalian, kami bukan apa-apa. Banyak hal yang diajarkan pada kami, meski terkadang kami merasa lelah, jenuh, bosan, tapi dengan sabarnya kami dibimbing. 
Akhirnya, tak ada kado yang lebih berharga yang  dapat kami berikan untuk bapak dan ibu guru semua selain ucapan terima kasih dan untaian doa semoga jasa dan pengabdian yang diberikan memberi manfaat bagi kami, dan Allah SWT memberikan balasan yang setimpal. Amin yang rabbal ‘Alamiin.
Di ujung pidato ini  kami titipkan  sebuah puisi perpisahan:

Untaian tahun telah terlewati
ada banyak senyum tercipta
diantara riangnya tawa
diantara canda belia

di sini....
tempat berteduhnya tunas bangsa
tempat menuang segala asa
seperti putih cita-citanya
seperti merah semangatnya

setelah lama merenda hari mengusung mimpi
berat terasa kami lepaskan
Selamat tinggal cerita indah

tapi,
perpisahan bukanlah kehilangan
hanya batas tipis antara kenangan dan harapan
jalan panjang yang masih terbentang
jembatan menggapai hari esok yang cemerlang

Wabillaahi Taufiq wal hidaayah, wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.'

Ok, itu saja dulu yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat

4 komentar: