Minggu, 29 September 2013

Fakta Unik Cara Orang Menggambar Bebek

Setelah membaca sebuah artikel yang ditulis Pak Botaksakti di guraru.org, saya tertarik untuk melakukan survey kecil-kecilan. Karena hari libur maka akhirnya yang jadi korban survey ini adalah istri dan anak saya yng masih TK. Keduanya saya minta untuk menggambar seekor bebek di atas selembar kertas. Masing menggambar di tempat terpisah sehingga tidak bisa saling mencontek.
Berikut adalah hasil gambaran keduanya.
Ada yang unik dari hasil gambar di atas. Keduanya menggambar bebek dengan posisi menghadap ke kiri. Hal itu juga yang yang dialami oleh penulis artikel tersebut dalam sebuah kegiatan pelatihan. Hampir seluruh peserta pelatihan menggambarkannya dengan menghadap ke kiri. Mengapa bisa demikian. Ternyata hal ini berhubungan erat dengan mindset/pola pikir kita. Dari sejak sekolah dasar kita sudah dibiasakan untuk menggambar bebek yang dimulai dari angka 2 sehingga kebiasaan ini terbawa sampai kita dewasa tanpa kita sadari. Misalnya saja Anda saya suruh untuk menggambar sebuah pemandangan, maka saya yakin unsur yang tidak ketinggalan dalam gambaran Anda adalah dua buah gunung, ada matahari, dan ada jalan di antara dua gunung. Hayo ngaku... Hehehe.
Maka berhati-hatilah dengan sebuah perilaku yang akan menjadi sebuah kebiasaan. Pilihlah perilaku yang baik untuk menjadi pola pikir dan kebiasaan kita. Sebab sangat sulit untuk mengubah sesuatu yang telah menjadi mindset. Perlu perjuangan dan kerja keras untuk bisa keluar dari sebuah kebiasaan. Apalagi sebuah kebiasaan buruk. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar