Sabtu, 02 Agustus 2014

Cara Mengajarkan Pembagian Bilangan Pecahan di Sekolah Dasar

Sebagai seorang guru di sekolah dasar, bagaimana cara Anda mengajarkan konsep pembagian bilangan pecahan pada siswa? Apakah cara yang Anda lakukan seperti ini?
Mungkin sebagian besar dari kita melakukan cara seperti itu karena cara seperti itulah yang sering kita jumpai di buku guru maupun siswa. Tapi ketika ditanya oleh siswa yang mungkin kritis, "Kenapa pembagian berubah menjadi perkalian dan pembaginya harus dibalik?" Kita mungkin akan kelabakan menjawabnya.
Alangkah baiknya cara-cara cepat seperti di atas diajarkan ketika siswa sudah betul-betul menguasai sebuah konsep matematika. Dan itu pun sebaiknya diperoleh dari pengalaman siswa misalnya dari melihat suatu pola.
Alternatif berikut dapat kita gunakan untuk mengajarkan konsep pembagian bilangan pecahan pada siswa di sekolah dasar. Pembelajaran diawali dengan mengaitkan materi dengan konsep pembagian yang sudah dipelajarinya di kelas sebelumnya. Yakni pembagian sebagai pengurangan berulang.

Nah, konsep tersebut dapat kita terapkan pada pembagian bilangan pecahan.
Media yang digunakan dapat berupa gambar atau bisa juga menggunakan kertas lipat yang dapat dilakukan sendiri oleh siswa.
Silahkan Anda berkreasi dengan bilangan-bilangan lainnya, termasuk pembagian bilangan pecahan dengan bilangan pecahan.
Semoga memberi manfaat.

2 komentar: