Sabtu, 10 Desember 2011

Lagu Matematika SD (1)

Pembelajaran matematika yang dilakukan di sekolah terkadang bersifat monoton dan kurang memotivasi siswa. Salah satu alternatif yang dilakukan adalah mengajarkan matematika dengan lagu. Berikut ini beberapa lagu matematika yang nadanya di ambil dari lagu-lagu yang dikenal siswa.


1. Hitung Campuran
(Nada : lagu disini senang disana senang)
Disini senang disana senang
Semua pelajaran aku senang
Disini angka disana angka
Matematika paling ku suka
Kali bagi sama kuat
Haruslah didahulukan
Sebelum pengerjaan tambah dan kurang
Tambah kurang sama kuat dikerjakan kemudian
Itulah aturan hitung campuran 

2. TANGGA UKURAN
(Nada : lagu Naik-naik kepuncak gunung)
Naik-naik tangga ukuran
Hati-hati sekali
Mili, senti, desi dan meter
Deka, hekta dan kilo
Reff. Kalau naik bagi sepuluh
Turun kali sepuluuh……h
Kalau naik koma kekiri
Turun koma kekanaan…..n

3. UKURAN TIDAK BAKU
(Nada Lagu : Dua tangan saya..)
Dua tangan saya dipakai jengkalnya
Ukur meja saya juga dengan depa
Dua kaki saya dipakai langkahnya
Ini ketiganya ukuran tidak baku
Ayo kawan-kawan berdiri semua
Mari kita ukur meja dengan lantai
Boleh dengan jengkal atau dengan depa
Langkahkan kakimu ukur lantai kelas

4. Volume Bangun Ruang
(Nada Lagu :Becak-becak )
Aku ingat sekarang
Volume bangun tabung
µr² kali t
Itulah volum tabung
Kalau volume balok
Pasti P L kali T
Volum kubus
Rusuk pangkat tiga

Untuk lagu lain bisa dilihat di Lagu Matematika SD (2)


5 komentar:

  1. mantap tuh Pak..salut ma Bapak.

    BalasHapus
  2. Novi@ Kukira tadi siapakah nang bakomentar. Hehe.

    BalasHapus
  3. Lagunya sy tiru untuk ngajar anak2 y pak... :D

    BalasHapus
  4. SIIIP.... MOHON IZIN UNTUK MEMBERIKANNYA PADA MURID-MURID SAYA, YA PAK...

    BalasHapus