Senin, 07 Mei 2012

Apakah Matematika Sudah disenangi Siswa Anda?

Dari data nilai UN siswa sekolah dasar setiap tahunnya, matematika adalah mata pelajaran yang selalu berada pada posisi paling rendah bagi sebagian besar siswa. Mengapa hal ini bisa terjadi? Salah satu penyebabnya adalah suasana belajar yang tidak menyenangkan yang diakibatkan guru matematika yang tidak disenangi siswa.
Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar guru matematika disenangi siswa dan belajar matematika menjadi menyenangkan. 
  • Awali dengan hal yang menyenangkan 
Awalilah setiap kegiatan belajar matematika dengan sesuatu yang dapat membuat siswa antusias terhadap pelajaran. Misalnya dengan memberikan kuis, permainan matematika, bernyanyi, atau hal-hal lain yang dapat memotivasi siswa.
  • Mulai dari hal yang gampang
Agar siswa yakin bahwa matematika bukan pelajaran yang sulit, berilah soal-soal permulaan yang gampang. Dengan demikian siswa akan merasa bahwa dia mampu menjawab pertanyaan guru dengan benar. Hal ini akan menambah rasa percaya diri siswa dalam belajar matematika.
  • Gunakan media dan alat peraga
Penggunaan media dan alat peraga yang tepat sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar dan pencapaian hasil belajar siswa menjadi lebih baik dan maksimal. Oleh karena itu kemampuan guru dalam menguasai penggunaan media dan alat peraga sangat dituntut untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan .
  • Jangan membebani siswa dengan terlalu banyak tugas
Kalau dengan 5 buah soal kita sudah dapat mengukur penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, mengapa kita harus memberikan 20 buah soal latihan atau 50 buah soal PR? Hal ini bukan saja menyebabkan tidak efektifnya evaluasi yang kita berikan. Tapi juga dapat menjadikan siswa membenci matematika dan guru sebab telah menyita waktu anak untuk bermain misalnya.
Fungsi humor dalam komunikasi dapat mencairkan suasana yang kaku sehingga informasi atau konsep yang akan diterima oleh siswa dapat disampaikan secara maksimal karena komunikasi yang berjalan lancar.  
  • Perlakukan siswa seperti Anda ingin diperlakukan
Tips terakhir ini berlaku secara umum untuk setiap komunikasi yang dilakukan. Hal ini berlaku baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun kehidupan sehari-hari. Siswa juga manusia yang memiliki rasa ingin didengarkan dan dihargai.


Tips di atas masih jauh dari sempurna, bagi rekan-rekan yang punya tips tambahan silahkan koment ya..
Semoga dapat memberi manfaat sebesar-besarnya untuk kita semua
Salam sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar