Sabtu, 23 Maret 2013

Inilah 6 Manfaat Tidur Siang

Aktivitas yang kita lakukan sepanjang hari membuat kita melupakan waktu untuk tidur siang. Padahal kegiatan istirahat yang dilakukan minimal 10 menit ini sangat besar manfaatnya bagi tubuh kita.
Seperti halnya tidur malam, tidur siang juga dapat mencegah penyakit jantung, kardiovaskuler, dan lain-lain. Selain itu, tidur siang juga mampu melindungi seseorang dari masalah tulang, obesitas, dan kerusakan fungsi otak.
Seperti dilansir Huffington Post, seseorang dapat memperoleh manfaat berikut jika rutin melakukan tidur siang:
1. Meningkatkan proses kreativitas.
Sebuah studi yang dirilis Health.com telah menyebutkan, yaitu ada peningkatan kinerja otak sebelah kanan pada orang-orang yang tidur siang. Pada bagian otak ini banyak mengatur tentang masalah kreativitas. Demikian juga pada orang yang tidur siang, lebih mudah bagi mereka menyelesaikan suatu masalah dengan peningkatan kreativitas tersebut.
2. Meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat dan belajar.
Lebih singkatnya, tidur siang dapat membuat gerakan mata terjadi lebih cepat. Hal ini sering dapat dikaitkan dengan proses kognitif di otak. Sehingga tidur siang turut berpengaruh dalam menurunkan stres dan membuat aktivitas otak bekerja lebih baik sepanjang hari.
3. Meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.
Orang yang mengantuk biasanya akan menurun kemampuannya untuk waspada dan fokus terhadap sesuatu. Dengan minimal tidur siang 10 menit, cukup untuk membantu mengembalikan kewaspadaan.
4.  Meningkatkan produktivitas.
Kala siang hari tiba, biasanya menjadi waktu yang sering membuat badan menjadi lesu atau lelah dan produktivitas juga menjadi menurun. Dengan melakukan tidur siang beberapa saat, dapat menyegarkan kembali semangat dalam bekerja, dibandingkan harus melakukan doping melalui secangkir kopi.
5. Memperbaiki dan mencegah mood yang buruk. 
Rasa kantuk dan lelah ketika siang hari bisa membuat mood menjadi buruk. Sebagi contoh: mudah marah, tersinggung, membentak, dan sebagainya. Jadi dengan tidur siang dapat menyingkirkan itu semua.
6. Menyingkirkan ketegangan pikiran atau stres.
Boleh percaya atau tidak, dengan hanya benar-benar terlelap selama minimal 10 menit, mampu melawan stres yang dialami. Sebab menurut studi dari National Sleep Foundation, inilah waktu tersingkat untuk tidur siang yang bermanfaat untuk merelaksasi pikiran seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar