Kamis, 09 Mei 2013

6 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri merupakan salah satu pilar untuk meraih kesuksesan. Tapi banyak di antara kita yang merasa kurang percaya diri dalam situasi-situasi tertentu. Apalagi ketika harus berdiri di depan publik. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda.


1. Tersenyumlah
Pekerjaan yang satu ini tergolong ringan, tapi sering terlupakan dalam komunikasi yang kita lakukan. Padahal efek yang ditimbulkan sangat besar dan berpengaruh terhadap hubungan kita dengan orang lain. Cobalah untuk tersenyum ketika mengawali satu pertemuan. Maka rasa percaya diri Anda akan lebih bertambah ketimbang tanpa senyum. Bahkan orang-orang yang ada di sekitar kita pun akan merasakan suasana akrab dan menyenangkan.

2. Berjalan lebih cepat
Maksud berjalan lebih cepat di sini adalah berjalan lebih cepat dari berjalan biasa. Seperti dilansir magforwomen, salah satu manfaat berjalan cepat dapat menghilangkan stress. Dengan berjalan cepat seluruh otot tubuh akan bekerja sehingga dapat memperlancar peredaran darah. Manfaatnya sangat besar antara lain dapat mengurangi ketegangan, kekhawatiran hingga mengurangi hipertensi.

3. Selalu duduk di barisan depan dalam setiap kelas/pertemuan
Dalam sebuah kajian ditemukan bahwa persentase daya serap siswa yang duduk di barisan paling depan mencapai 67%. Sedangkan  barisan tengah hanya berkisar 41% dan barisan paling belakang hanya mampu menyerap 39%. Selain itu dalam sebuah pertemuan biasanya komunikasi dua arah yang paling banyak terjadi ada pada barisan depan. Sehingga kalau Anda suka duduk di barisan paling depan maka Anda akan lebih sering terlibat interaksi yang terjadi. Hal ini tentunya akan lebih menambah wawasan, pengalaman, serta rasa percaya diri Anda.

4. Berjalanlah dengan posisi tubuh tegak dan kepala tegak
Berjalan dengan posisi tubuh tegak dan kepala tegak bukan dimaksudkan untuk menyombongkan diri. Dengan posisi berjalan tegak dan kepala tegak, pikiran kita akan digiring  untuk merasa lebih nyaman dan lebih percaya diri. Coba bandingkan kalau Anda berjalan dengan posisi membungkuk. Maka pikiran kita akan merasa tidak mampu, merasa rendah dari orang lain, dan perasaan rendah diri lainnya.

5. Lakukan selalu kontak mata setiap berkomunikasi dengan orang lain
Tataplah mata lawan bicara Anda. Sama halnya dengan tersenyum, kontak mata secara langsung dengan lawan bicara Anda menunjukkan bahwa Anda percaya diri. Kalau pada saat berkomunikasi Anda menatap meja atau sepatu, hal itu akan mendorong Anda merasa tidak mampu dan malu.

6. Jujurlah dalam berbicara
Kebohongan hanya akan melahirkan ketakutan. Takut kalau kebohongan kita ketahuan. Hal ini jelas akan menurunkan rasa percaya diri kita. Anda tidak akan mampu melakukan kontak mata langsung dengan lawan bicara Anda kalau Anda sedang berbohong. Kalau yang kita bicarakan adalah fakta yang sebenarnya maka kita akan percaya diri dalam menyampaikannya. 

Oke, itu saja dulu tips saya kali ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar