Selasa, 14 Mei 2013

Pemerintah Kembali Membuka Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Besar-besaran Tahun Ini

Tahun ini pemerintah kembali membuka penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) secara besar-besaran. Tidak tangung-tanggung, sebanyak 169.000 orang calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan direkrut bulan Agustus mendatang.
Penerimaan PNS dilakukan dalam dua kategori yakni melalui jalur umum sebanyak 60.000 lebih dan sisanya jalur tenaga honorer.
Hal itu disampaikan Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasodjo.
"Untuk penerimaan (PNS) dari kategori umum 60 ribuan," kata Eko seperti dilansir situs Sekretariat Kabinet, Jumat (10/5).
Menurut Wamen, pemerintah saat ini fokus mengurangi keberadaan pegawai honorer secara drastis jelang akhir pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Karena itulah, Eko menyatakan jumlah lowongan untuk PNS umum baik pusat maupun daerah belum terlalu banyak dalam dua tahun mendatang.
"Kalau nggak ada yang macam-macam, Insya Allah 2014 masalah pegawai honorer rampung," tuturnya.
Kalau persoalan pegawai honorer selesai, maka Eko yakin pemerintah akan lebih leluasa merekrut PNS umum dengan mekanisme seleksi ideal. Dia mengatakan pembukaan lowongan PNS umum akan kembali besar pada
Saat ini Kemenpan-RB, masih menunggu usulan kebutuhan CNPS dari daerah. Setiap daerah harus mengusulkan berapa jumlah CPNS yang dibutuhkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar