Sumber: Gemar Matematika 6 (BSE), Y.D. Sumanto, Heny Kusumawati, Nur Aksin. Hal. 56 |
Masalahnya terletak pada gambar yang tidak proporsional. Sehingga siswa membagi bangun tersebut menjadi dua buah bangun yakni jajar genjang dengan alas 15 cm, tinggi 8 cm dan sebuah persegi dengan sisi 6 cm. Padahal sebenarnya bangun tersebut adalah gabungan dari sebuah jajar genjang dan persegi panjang dengan panjang 9 cm dan lebar 6 cm.
Oleh karena itu sangat penting bagi seorang guru untuk meluangkan waktu atau paling tidak berusaha untuk bersikap kritis dalam menelaah dan menganalisa buku paket yang akan menjadi pegangan siswa dan guru dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Janganlah menerima mentah-mentah apa yang ada dalam buku yang kita gunakan meskipun sudah berskala nasional.
Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam mencermati dan menghindari kekeliruan yang diakibatkan kesalahan teknis yang terdapat pada buku paket atau buku pegangan.
- Melakukan telaah dan analisa buku secara pribadi oleh guru yang bersangkutan minimal sebelum materi tersebut disampaikan kepada siswa
- Melakukan telaah dan analisa melalui forum-forum seperti KKG, Bintek dan kegiatan lainnya.
- Bersikap terbuka dalam menerima masukan dari luar, apakah dari atasan, teman sejawat, bahkan dari siswa sekali pun.
Salam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar