Jumat, 25 Oktober 2013

Gambarpun Bisa Menipu

Sumber: Gemar Matematika 6 (BSE), Y.D. Sumanto, Heny Kusumawati, Nur Aksin. Hal. 56
Menurut Anda berapakah luas daerah bangun soal nomor 4 pada gambar di atas?  Apakah jawaban Anda 174 cm persegi atau 156 cm persegi? Dalam kegiatan bintek beberapa waktu yang lalu, gambar ini pun saya tanyakan kepada peserta bintek. Faktanya terjadi perbedaan jawaban dalam menentukan luas daerah bangun tersebut. Sebagian peserta ada yang menjawab 156 cm2 dan sebagian lagi ada yang menjawab 174 cm2. Walau pun akhirnya perbedaan tersebut dapat diluruskan. Begitu juga ketika soal ini dikerjakan oleh siswa. Sebagian besar siswa menjawab 156 cm2.

Masalahnya terletak pada gambar yang tidak proporsional. Sehingga siswa membagi bangun tersebut menjadi dua buah bangun yakni jajar genjang dengan alas 15 cm, tinggi  8 cm dan sebuah persegi dengan sisi 6 cm. Padahal sebenarnya bangun tersebut adalah gabungan dari sebuah jajar genjang dan persegi panjang dengan panjang 9 cm dan lebar 6 cm.

Oleh karena itu sangat penting bagi seorang guru untuk meluangkan waktu atau paling tidak berusaha untuk bersikap kritis dalam menelaah dan menganalisa buku paket yang akan menjadi pegangan siswa dan guru dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Janganlah menerima mentah-mentah apa yang ada dalam buku yang kita gunakan meskipun sudah berskala nasional.

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam mencermati dan menghindari kekeliruan yang diakibatkan kesalahan teknis yang terdapat pada buku paket atau buku pegangan.

  1. Melakukan telaah dan analisa buku secara pribadi oleh guru yang bersangkutan minimal sebelum materi tersebut disampaikan kepada siswa
  2.  Melakukan telaah dan analisa melalui forum-forum seperti KKG, Bintek dan kegiatan lainnya.
  3. Bersikap terbuka dalam menerima masukan dari luar, apakah dari atasan, teman sejawat, bahkan dari siswa sekali pun.
Ini saja dulu yang dapat saya bagikan kali ini. Tepat semangat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.
Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar