Minggu, 10 November 2013

Anda Guru Profesional? Sebaiknya Miliki Alat Ini!


"Laptop nggak punya, printer juga nggak punya...., Aku nggak punya duiiittttt!!!! Tapi pelesiran kok bisa??? Jangan sampai ini terjadi pada Anda! GURU PROFESIONAL!

Teringat dengan arahan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara di hadapan ratusan guru penerima sertifikat pendidik tahun 2013 yang lalu. Beliau mengatakan bagi guru-guru yang mendapatkan tunjangan profesi hendaknya dapat meningkatkan kualitas profesional agar proses dan hasil pendidikan dapat meningkat. Beliau juga menegaskan boleh saja pola dan gaya hidup berubah setelah kesejahteraan meningkat, tapi tujuan utama dari tunjangan sertifikasi adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia melalui peningkatan kesejahteraan guru. Jadi pola dan cara mengajar/mendidik juga harus berubah menuju ke arah yang lebih baik.
Oleh sebab itu bagi Bapak dan Ibu Guru yang sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi sepertinya perlu (kalau boleh dikatakan wajib) memiliki peralatan berikut ini sebagai salah satu indikasi Anda adalah Guru Profesional!

1.Laptop

Laptop
 Peralatan yang satu ini sepertinya merupakan peralatan wajib guru profesional. Dengan peralatan ini guru dapat terbantu dalam mempersiapkan pembelajaran. Mulai dari membuat perangkat, media, LKS, alat evaluasi sampai menyimpan dan mengolah hasil evaluasi siswa.

2. Printer


Printer
Adakalanya dokumen yang dibuat pada laptop harus dituangkan dalam bentuk lembaran kertas sebagai bukti autentik. Oleh karena itu selain laptop guru juga memerlukan printer untuk memprint out dokumen yang telah dibuat. Misalnya bukti fisik perangkat pembelajaran, lembar kerja siswa, soal tes, daftar nilai dan lainnya.

3. Modem
Modem



Alat ini diperlukan untuk akses internet. Di tengah pesatnya perkembangan informasi dan teknologi  guru dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan yang terjadi agar informasi dan konsep yang disampaikan kepada peserta didik tidak kadaluarsa dan miskonsepsi. Salah satu media yang digunakan untuk mengupdate informasi tersebut adalah internet. Nah, untuk dapat mengakses internet diperlukan koneksi internet dan perangkat seperti laptop, komputer desktop, tablet, dan smartphone. Sementara untuk dapat terkoneksi ke internet dapat dilakukan melalui beberapa alternatif. Modem diperlukan bagi guru yang di rumah dan sekolah tidak memiliki akses internet kabel dan hotspot.

4. LCD Proyektor
Proyektor

Pembelajaran yang baik salah satunya ditunjang dengan memberikan pengalaman menarik dan nyata bagi siswa. Kombinasi antara Laptop dan LCD proyektor dapat memberikan pengalaman menarik bagi siswa. Guru dapat menampilkan gambar, lagu, video, soal, dan lembar kerja melalui proyektor. Jadi guru tidak perlu susah menuliskan kembali soal yang telah dibuat di rumah atau tidak perlu membawa gajah ke depan kelas.

Selain peralatan di atas ada baiknya guru juga memiliki mouse presentasi dan smartphone. Mouse presentasi berguna untuk guru yang tidak betah duduk di depan laptop ketika menampilkan slideshow pada powerpoint. Dengan alat ini guru dapat mengontrol laptop meskipun sambil berkeliling kelas. Sedangkan smartphone akan sangat berguna kalau guru ingin mencari informasi di internet dengan cepat. Misalnya ketika menghadapi pertanyaan dadakan dari siswa, seperti postingan saya terdahulu tentang "Gengsikah Guru Kalau Tidak Dapat Menjawab Pertanyaan Siswa?".

Smartphone
Mouse presentasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar