Minggu, 30 September 2012

Mencari Ide Tulisan

Siapa bilang menulis itu gampang! Buktinya di Sekolah Dasar saja keterampilan menulis diletakkan paling ujung setelah keterampilan mendengarkan, berbicara, dan membaca dikuasai siswa. Benar nggak sih menulis itu sulit. Bisa jadi ya, kalau kita berpikir bahwa tulisan yang kita hasilkan harus sempurna, enak dibaca, sesuai dengan kaidah penulisan, dan kita berharap tulisan kita bisa langsung masuk media massa (media massa nasional lagi, hehehe).
Ada juga yang mengatakan bahwa letak kesulitan dalam membuat sebuah tulisan terletak pada ide tulisan yang akan kita buat. Sulitnya mencari tema yang pas dan baik untuk sebuah tulisan menjadi kendala tersendiri dalam menemukan sebuah ide.

Berikut ini beberapa cara yang mungkin dapat dilakukan untuk mendapatkan ide tulisan.

1. Berlatihlah memaknai setiap peristiwa yang terjadi

Banyak hal yang terjadi setiap hari di sekitar kita. Kalau kita mampu memberi arti dan berfikir kreatif dalam memaknai sebuah peristiwa, maka hal tersebut dapat menjadi sebuah ide tulisan. Baik itu peristiwa sedih, menyenangkan, lucu, dan lain-lain merupakan lumbung ide yang dapat kita manfaatkan.

2. Banyaklah membaca

Seperti yang saya tulis di atas bahwa keterampilan membaca secara hirarki diajarkan lebih awal dari keterampilan menulis. Sebab keterampilan membaca merupakan keterampilan prasyarat untuk seseorang dapat menguasai keterampilan menulis. Semakin banyak kita membaca maka akan semakin mungkin kita untuk menghubungkan berbagai konsep dan ide yang ada pada bahan yang kita baca menjadi sebuah tulisan.

3. Segarkan otak dengan hal yang menyenangkan

Ide sering muncul pada saat otak kita dalam kondisi tenang, senang maupun santai. Jadi cobalah untuk menyegarkan pikiran kita secara berkala dari rutinitas kita sehari-hari. Misalnya dengan melakukan hal-hal yang kita senangi seperti hobi, rekreasi, mendengarkan musik atau menonton film. 

4. Lakukan diskusi tentang tema yang ingin kita tulis

Sering-seringlah melakukan diskusi dengan orang-orang yang kompeten dengan sesuatu yang ingin kita tulis. Diskusi dapat dilakukan secara tatap muka langsung, misalnya dengan teman. Bisa juga kita masuk ke forum-forum di internet yang membahas tentang tema yang akan kita tulis.

Jadi selama kita memiliki keinginan yang kuat untuk menulis, Insya Alllah ide bukanlah hal yang sulit untuk didapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar