Jumat, 12 Juli 2013

Hindari Makanan Ini Saat Berbuka Puasa


Yang namanya bulan puasa, apalagi saat-saat menjelang buka puasa makanan apapun akan terlihat lezat di mata. Sehingga pada waktu buka puasa kita kebablasan menyantap seluruh hidangan yang ada di hadapan kita.
Akibatnya perut kita kekenyangan dan tubuh terasa malas untuk beraktifitas.
Ajaran agama yang melarang kita makan terlalu kenyang ternyata ada hikmahnya. Apalagi pada saat berbuka puasa. Kondisi perut yang kosong selama kurang lebih 12 jam mengharuskan kita selektif dalam memilih makanan yang akan kita santap. Sebab ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari di saat berbuka puasa.

      1. Makanan berlemak atau bersantan
Ini nih susahnya, bulan puasa biasanya identik dengan kolak. Buka kolak, sahur kolak. Hehe.. kolak teruus. Tapi tahu kan Bro, kolak termasuk makanan berlemak dan lemak akan memicu kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Ujung-ujungnya, hypertensi, penyakit jantung, asam urat, dan stroke dapat menyerang dengan mudah.
Tapi bukan berarti Anda dilarang mengonsumsi makanan berlemak saat berbuka puasa. Tapi konsumsilah secara bijak dan sehat.

      2. Makanan pedas

Berhati-hatilah saat mengonsumsi makanan pedas disaat berbuka puasa. Makanan pedas dapat merusak dinding lambung yang telah kosong dalam waktu yang cukup lama.

      3. Coklat dan keju

Siapa yang  tidak kenal dengan kedua makanan ini. Kalau keduanya dikreasikan dengan makanan lain, hmmmm pasti akan mengundang selera untuk menyantapnya. Ternyata kedua jenis makanan ini kurang baik untuk dijadikan santapan awal berbuka puasa. Coklat dan keju memiliki sifat yang sulit dicerna sehingga kalau kita konsumsi disaat perut kita sedang kosong dapat mengakibatkan perut menjadi kembung.

      4. Kopi

Bagi penggemar berat kopi, menu yang satu ini sepertinya menjadi menu wajib setiap hari. Tapi sebaiknya minuman ini perlu dihindari sebagai menu pembuka pada saat berbuka puasa. Karena kopi dapat merangsang produksi asam lambung yang berakibat munculnya rasa mual.

      5. Minuman bersoda

Bagi Anda penggemar minuman bersoda sebaiknya hindari minuman ini pada saat berbuka puasa karena soda dapat menyebabkan gangguan pada perut dan dapat berakibat pada terganggunya sistem pencernaan tubuh.

      6. Minuman dingin

      Minuman dingin sangat menggugah selera ketika berpuasa di hari yang terik dan keadaan haus. Akan tetapi mengonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa merupakan salah satu kebiasaan yang tidak sehat karena dapat menyebabkan kontraksi pada lambung.
 

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar