Senin, 06 Januari 2014

Hari Pertama Sekolah

Hari ini adalah hari pertama sekolah setelah libur semester 1 selama satu minggu. Dengan bersemangat kulangkahkan kaki menuju kelas VI. Jam pelajaran pertama diisi dengan berbagi pengalaman selama mengisi liburan. Setiap siswa mendapat kesempatan menceritakan pengalamannya yang paling menarik selama liburan. Pada awalnya beberapa siswa agak malu-malu bercerita di depan karena keterbatasan kemampuan dalam berbahasa Indonesia. Setelah diperbolehkan menggunakan bahasa daerah akhirnya cerita pun dapat mengalir dari mulut mereka meskipun terkadang harus dibantu dengan beberapa pertanyaan. Suasana menjadi hangat karena tak jarang ada cerita yang mengundang gelak tawa. Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi kelas menanggapi cerita yang telah disampaikan. Melihat sisi positif dan negatif dari berbagai pengalaman yang didengar dan didapat siswa. Sebagai tugas rumah siswa diminta menuliskan pengalaman liburan yang diceritakan ke dalam buku karya siswa. Hasil tulisan akan di seleksi sebagai bahan untuk mengisi majalah dinding sekolah.
Pada pertemuan kedua pembelajaran  belum diisi dengan materi pelajaran. Kegiatan diisi melakukan refleksi dan evaluasi hasil yang telah diperoleh selama semester 1. Selanjutnya siswa diajak untuk mengingat dan menuliskan kembali target-target yang ingin dicapai di akhir tahun, baik target perorangan maupun target bersama. Kemudian siswa diberi tugas menuliskan cara  yang harus dilakukannya untuk mencapai target-target tersebut. Asyik juga setelah melihat rencana kerja yang dibuat sendiri oleh siswa. Ada yang menulis, "Saya akan belajar lebih giat lagi". Ada juga yang menuliskannya dengan spesifik dan jelas misalnya, "Saya akan belajar di rumah setiap hari setelah shalat magrib selama 20 menit. Ada pula siswa yang menulis, "Kalau saya dapat nilai rendah, saya akan belajar lagi di rumah kepada ayah." Setelah rencana kerja mereka saya komentari dan saya minta menuliskannya lebih kongkrit dan jelas pada selembar kertas yang nantinya akan ditempel di kamar atau dekat meja belajar agar dapat dilihat setiap hari. Pembelajaran kali ini diakhiri dengan menata ulang tempat duduk agar siswa tidak merasa jenuh berada pada satu tempat.
Semoga semangat yang muncul pada hari pertama masuk sekolah ini menjadi awal yang baik untuk terus mengobarkan semangat di hari-hari berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar