Selasa, 03 Desember 2013

Diklat Guru Pemandu Matematika SD Tahap Lanjutan di P4TK Matematika Yogyakarta

Pembukaan Diklat

Jeda 2 tahun setelah mengikuti Diklat Guru Pemandu Matematika SD Tingkat Dasar yang dilaksanakan oleh P4TK Matematika Yogyakarta di LPMP Banjarmasin, bersyukur di penghujung tahun 2013 ini saya kembali dipanggil untuk mengikuti diklat serupa untuk tahap 2 atau tahap lanjutan. Diklat yang dilaksanakan dari tanggal 29 Nopember s.d 11 Desember ini diikuti oleh 35 peserta dari 10 provinsi di Indonesia merupakan diklat lanjutan dari pelaksanaan diklat tahap 1 yang telah dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya. Tidak semua peserta tahap 1 dipanggil untuk mengikuti diklat tahap lanjutan ini. Panitia memiliki kriteria-kriteria yang menjadi acuan untuk melakukan pemanggilan peserta diklat.
Foto Bareng Peserta dan Narasumber
Bagi saya pribadi, diklat kali ini memiliki kesan tersendiri karena memiliki beberapa alasan. Pertama, kalau diklat yang pertama dilakukan di daerah saya sendiri, maka diklat kali ini dilaksanakan di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika (PPPPTK Matematika) Yogyakarta. Kedua, secara formal saya banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman baru dari para Widya Iswara tingkat nasional. Secara non formal, saya dapat berinteraksi dengan teman-teman guru dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa diantaranya ada yang memiliki prestasi di bidang matematika tingkat nasional bahkan tingkat internasional.   Sehingga semakin memperkaya keilmuan dan pengalaman saya di bidang matematika khususnya matematika SD.
Sebagian besar materi yang diberikan pada diklat kali ini lebih diarahkan pada penerapan kurikulum 2013.Ini dilakukan untuk menyongsong kebijakan pemerintah yang menginginkan kurikulum 2013 diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia. Struktur materi yang diberikan bervariasi namun masih dalam ruang lingkup keilmuan matematika yang dihubungkan dengan pembelajaran menurut kurikulum 2013. Berikut adalah narasumber materi pada kegiatan ini:
  1. Dr. Supinah
  2. Drs. Marsudi R. M. Sc. Ed
  3. Drs. Agus Suharjana, M.Pd
  4. Dra. Pujiati, M.Ed
  5. Sri Wulandari D.,S.Si.,M.Pd
Di penghujung tulisan ini saya berharap semoga ilmu dan pengalaman yang saya peroleh dapat menambah kualitas dan profesionalisme yang bermuara pada peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa.
Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar